Pengertian Poster
Poster
adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan – pesan
atau informasi kesehatan yang biasanya di tempel di tembok – tembok, di tempat
– tempat umum atau di kendaraan umum. Sifat sebuah poster adalah mencari
perhatian mata sekuat mungkin. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda,
dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.
Tujuan
poster adalah menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang
dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat
poster adalah agar para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang
penulis poster dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.
Poster
adalah gambar pada selembar kertas berukuran besar
yang digantung atau ditempel di dinding atau permukaan lain. Poster merupakan alat untuk mengiklannkan sesuatu, sebagai alat propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan
berbagai pesan. Selain itu, poster juga dipergunakan secara perorangan sebagai sarana dekorasi yang murah meriah terutama bagi anak muda.
Dari kedua definisi tersebut diatas, jelaslah bahwa poster adalah salah satu bagian seni grafis yang memiliki gaya, aliran, maupun trend
tersendiri yang tidak lepas dari suatu zaman. Oleh karena
itu poster dibuat untuk menyampaikan pesan atau informasi, maka poster
akan menjadi elemen dalam Desain Komunikasi Visual.
Ciri-ciri sebuah poster:
1. Desain grafisnya memuat
komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
2. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
3. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
4. Bahasa singkat dan jelas.
5. Teks sebaiknya disertai gambar.
6. Dapat dibaca sambil lalu.
2. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
3. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
4. Bahasa singkat dan jelas.
5. Teks sebaiknya disertai gambar.
6. Dapat dibaca sambil lalu.
Syarat
sebuah poster:
1. Menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti
2. Kalimatnya
singkat, padat, jelas dan berisi
3. Dikombinasikan
juga dalam bentuk gambar
4. Menarik minat
untuk dilihat
5. Bahan yang
digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.
6. Ukuran disesuaikan
dengan tempat pemasangan dan target pembaca.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:
1. gambar dibuat mencolok
sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. kata-kata efektif,
sugestif, dan mudah diingat.
3. tulisan dibuat
besar-besar dan mudah dibaca.
4. poster dipasang di
tempat yang strategis.
Prinsip
Desain poster
1. Keseimbangan/
Balencing
Keseimbangan merupakan
prinsip dalam komposisi yangmenghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang
atau ruang yangdiisi dengan unsur-unsur rupa. Ada dua jenis keseimbangan
tataletak desain yang bisa diterapkan: desain simetris/ formal dan
tidaksimetris/ asimetris/ non-formal.□ Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran□ Keseimbangan dalam warna□ Keseimbangan yang diperoleh
karena tekstur □
Dari kesemuanya itu yang paling terasa adalah keseimbanganyang terbentuk dari
dari komposisi
2. Alur Baca/
Movement
Alur baca yang diatur
secara sistematis oleh desainer untukmengarahkan “mata pembaca” dalam
menelusuri informasi, dari satubagian ke bagian yang lain.
3. Penekanan/ Emphasis
Penekanan bisa dicapai
dengan membuat judul atau illustrasi yang jauh lebih menonjol dari elemen
desain lain berdasarkan urutanprioritas.Penekanan bisa dicapai dengan:□ Perbandingan ukuran□ Latar belakang yang
kontras dengan tulisan atau gambar □ Perbedaan warna yang mencolok□ Memanfaatkan bidang kosong□ Perbedaan jenis, ukuran,
dan warna huruf
4. Kesatuan/ Unity
Beberapa bagian dalam
poster harus digabung atau dipisahsedemikian rupa menjadi kelompok-kelompok
informasi. Misalnyanama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan
teksalamat.Kesatuan dapat dicapai dengan:□ Mendekatkan beberapa elemen desain□ Dibuat bertumpuk□ Memanfaatkan garuis untuk
pemisahan informasi□
Dan perbedaan informasi□ Perbedaan
warna latar belakang
5. Kesan/ Specific
Appeal
Poster dirancang untuk
keperluan khusus berdasarkan suatu tema.Hal ini untuk memberikan “kesan” suatu
sentuhan yang sesuaidengan produk, acara, atau layanan.Misalnya:□ Poster untuk parfum wanita
sebaiknya terkesan feminin, lembut atau dekoratif.□ Poster untuk menjual truk,
sebaiknya menggunakan warna-warnayang berat, huruf-huruf yang tebal dan masif.
Jenis-jenis
Poster
Para pengamat seni grafis
mengelompokkan jenis poster menjadi:
1. Poster Propaganda
2. Poster KampanyeSejak
munculnya negara-negara demokrasi yang menyerahkankeputusan mengenai
kepemimpinan kepada rakyat, poster dipergunakan sebagai alat untuk mencari
simpati dari calonpemimpin pada pemilihan umum. Hingga kini, poster kampanyeselalu
muncul pada setiap kesempatan saat dilakukan pemilihankepada kepala daerah
maupun kepala negara.
3. Poster WantedPoster ini
digunakan untuk memuat sayembara untuk menemukanpenjahat yang sedang dicari
negara.
4. Poster CheesecakePoster
ini merupakan jenis poster anak-anak muda. Poster inibiasanya berisikan gambar
bintang-bintang rock dan pop, artis musik.
5. Poster FilmIndustri film
sangat memanfaatkan poster untuk mempopulerkan film-filmnya. Hingga kini poster
film dibuat menggunakan teknolog danprofesionalisme yang sangat tinggi karena
dari situ dilibatkanlahkemampuan finansial yang sangat luas. Desainer-desainer
terbaikdisewa untuk membuat karya-karya poster untuk mempromosikanfilm.
6. Poster Komik
BukuPopularitas komik dunia mencapai puncaknya pada tahun 60-an. Halini memicu
produksi massal dari poster-poster komik pada tahun 70-an ke atas.
7. Poster AffirmationTujuan
pembuatan poster affirmation adalah untuk memotivasidengan kata-kata yang
tertulis pada poster tersebut. Teks/ kata-katamotivasi yang tercantum biasanya
tentang Leadership, Opportunitydan lain-lain.
8. Poster Riset dan
Kegiatan IlmiahPoster ini merupakan jenis poster yang sering dipakai
dikalanganakademis untuk mempromosikan kegiatan ilmiah yang hendakdilakukan.
9. Poster di dalam kelasPoster
kelas mula-mula populer disekolah-sekolah di Amreika Utara.Ada berbagai jenis
poster kelas yang biasa dibuat, yaitu poster untukmemotivasi murid agar
bersikap baik, mengikuti desiplin sekolah,poster yang berisikan bahan pelajaran
yang disusun debagaireferensi singkat, tabel perkalian, pengenalan bahasa
asing, peta danlain-lain.
10. Poster Karya SeniPoster
karya seni merupakan ekspresi dari desain grafis yang dibuatdengan tujuan “
seni untuk seni”. Hal itu biasanya merupakan ajangberkreasi bagi mahasiswa yang
mempelajari bidang seni grafis.
11. Poster Pelayanan
MasyarakatPelayanan masyarakat atau social compaign merupanan suatu jenisposter
yang tidak bersifat komersial, atau tidakdiperdagangkan(seperti poster-poster
Cheseecage, poster film,poster karya seni, dsb), karena poster semacam ini
seringdilombakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan maupun LSM.
12. Poster KomersialIni
adalah jenis poster paling banyak kita jumpai di mana
saja.poster jenis ini di desain dan diproduksi sebagai sarana
untukmempromosikan suatu produk dan dirpoduksi dengan budget tertentusesuai
anggaran sales promotion. Munculnya poster-poster iklanyang krestif mampu
mencuri perhatian pembacanya.
Kriteria sebuah
poster yang baik:
1. Tulisan
didalam poster harus jelas dan terbaca
Tulisan dalam
poster itu sangat berguna sekali, karena pokok utama penyampaian pesan atau
informasi dari sebuah poster adalah dari tulisan dan gambar. Dengan tulisan
yang jelas dan mudah terbaca maka pesan yang hendak kita sampaikan ke sasaran
melalui poster tersebut akan tersampaikan dengan baik.
2. Kombinasi
gambar dan tulisan tidak berlebihan
Kekuatan utama
dari sebuah poster adalah kombinasi antara tulisan dan gambar. Kadang dalam
membuat poster, kita sering terjebak dengan ide kreatif kita sendiri. Maksud
hati ingin membuat gambar dan tulisan yang bagus dan cantik tetapi yang terjadi
malah gambar dan tulisan itu menjadi berlebihan. Misalnya banyaknya kombinasi
warna, perpaduan, proporsi, peletakan, dan kuantitas gambar dan tulisan
menjadikan poster yang tidak jelas bahkan bisa membuat kesan tampilan yang
ruwet dan semarawut.
Jika kita ingin
membuat sebuah poster untuk umum, tempatkanlah ego dan selera kita sebaik
mungkin, maksudnya adalah posisikan diri kita sebagai pembaca bukan pembuat.
Dengan begitu jika posisi kita sebagai pembaca maka apa yang akan kita tuangkan
secara tidak langsung akan mengikuti selera pembaca.
4. Kombinasi
Warna Yang Tepat
Coba anda
bayangkan apabila poster anda mempunyai background warna putih (kode warna
FFFFFF) dengan gambar dan tulisan yang berwarna grey (kode warna F8F8F8), pasti
hasilnya tidak Jelas. Lain halnya jika background gambar berwarna merah tua
(kode warna 66000) dengan kombinasi gambar atau tulisan berwarna kuning menyala
(kode warna FFFF00) pasti hasilnya lebih bagus dan menarik.
Artikel yg sangat bagus..! & mdh difahami. sangat membantu.. thnX!
BalasHapusur'wel~!
HapusABK tolol
BalasHapusWe help in setting up and Installing Microsoft Office on your computer. We provide Technical Support and other services to you. We help you with great work and other details. We are here to help you. We help you with Microsoft Office and Office installation. We help you with Great technical services at an affordable price.
BalasHapusVisit Us@ office.com/setup
Pretty great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I’ve truly loved surfing around your blog posts.In any case I’ll be subscribing in your rss feed and I’m hoping you write again very soon!Feel free to visit my web-site
BalasHapuswww.office.com/setup
thankyou so much! I really apreciate it :)
Hapus