Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian Novel


Novel

Pengertian
  • Novel adalah bentuk karya sastra yang paling populer di dunia.
  • Novel yang baik adalah novel yang isinya dapat memanusiakan pembacanya.
  • Novel hiburan adalah novel yang dibaca untuk kepentingan santai belaka.
  • Novel terbagi dua yaitu novel karya serius dan novel karya hiburan.
Emitologi
  • Novel berasal dari bahasa italia NOVELLA, yaitu sebuah prosa naratif yang panjang dan kompleks yang secara imajinatif     berjalin-berkelindan dg pengalaman manusia melalui sesuatu rangkaian peristiwa yg saling berhubungan satu sama lain dan melibatkan sejumlah karakter/tokoh, di dlm setting yang spesifik.
Perkembangan novel
  • Di eropa dan amerika novel telah menjadi genre sastra tersendiri dan dlm kerangka kerjanya yg luas berkembang dlm berbagai jenis
  • Bentuk awal novel moderen dapat ditemukan di sejumlah tempat seperti di jaman Roma Klasik, di Jepang pada abad ke 10 dan abad ke 11, pada masa Elizabethan di Inggris, dan di Spanyol thn .1605 novel “Don Quixote de la Mancha “ karya Miguel de Cervantesn, dianggap sebagai asal muasal novel moderen.
  • Novel-novel realis dan naturalis bermunculan pada pertengahan hingga akhir abad 19. Pada masa ini Charles Dickens, Thackeray dan George Eliot  (inggris), Tolstoy dan Dostoevsky (Rusia), Nathaniel Hawthorne (Amerika), menjadi referensi jurnalistik untuk mengungkap realitas yang tersembunyi di tempat-tempat gelap karena sempadan hipokrisi moralitas dan kesantunan semu aristokratis.
  • Pada abad ke 20 dan adanya akibat yang ditimbulkan oleh peristiwa besar perang dunia 1 dan 2, karakter dlm novel menjadi semakin kompleks .
  • Di Indonesia novel-novel awal yg terbit pd jaman Balai Pustaka dan Pujangga Baru dan masa-masa sesudahnya spt yg terlihat pd karya-karya Mochtar Lubis, Pramoedya Ananta Toer, hingga karya-karya Mangunwijaya, Umar Khayam merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah tarik menarik itu. Ditemukan juga kenyataan adanya pencarian konvensi-konvensi baru sebagai upaya ke luar dan menyebalkan konvensi-konvensi sastrawi lama seperti yg terlihat pada novel “Belengu” karya Armyn Pane yg dapat dikatakan sebagai novel moderen Indonesia.
  • Awal thn 2000an penerbitan novel di Indonesia menunjukkan peningkatan yang pesat dan para novelis berbakat bermunculan seperti Dewi Lestari, Ratih Kumala, Dewi Sartika, Eka Kurniawan dll.

Empat definisi novel
  1. Bentuk karya sastra yang paling populer di dunia, bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling byk beredar lantaran daya komunikasinya yang luas pada masyarakat. (Jakob Sumardjo)
  2. Novel adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya sosial, moral, dan pendidikan (Nurhadi, dkk.)
  3. Novel adalah karya sastra yang mempunyai dua unsur yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang keduanya saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra (Rostamaji dan Agus Priantoro).
  4. Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa mempunyai unsur-unsur intrinsik (Paulus Tukam).
Unsur2 Interinsik
  • Tema _merupakan ide pokok atau permasalahan utama yang mendasari jalan cerita novel (Rustamaji)
  • Setting­_latar belakang yang membantu kejelasan jalan cerita , setting ini meliputi waktu, tempat, sosial budaya.
  • Sudut pandang _(Perry lubback) Ada 3 yaitu:
1.       Pengarang menggunakan sudut pandang took yaitu menggunakan kata ganti orang pertama. Mengisahkan apa yang terjadi  dengan dirinya  dan menggungkapkan perasaannya sendiri dengan kata-katanya sendiri.
2.      2. Pengarang menggunakan sudut pandang tokoh bawahan, ia lebih banyak mengamati dari luar daripad  terlibat di dalam cerita, pengarang biasanya  menggunakan kata ganti orang ketiga.
3.       3. Pengarang menggunakan sudut pandang impersonal, ia sama sekali berdiri di luar cerita, ia serba melihat, serba mendengar, serba tahu. Ia melihat sampai ke dalam pikiran tokoh dan mampu  mengisahkan rahasia batin yang paling dalam dari tokoh.
  • Alur _ Alur Maju (progresif)
apabila peristiwa bergerak secara bertahap berdasarkan urutan kronologis menuju alur cerita.Alur Mundur (flash back progresif  yaitu terjadi dan ada kaitannya dengan peristiwa yang sedang berlangsung
  • Penokohan_ Menggambarkan karakter untuk pelaku, Pelaku bisa diketahui karakternya dari cara bertindak, ciri fisik, lingkungan tempat tinggal.
  • Gaya Bahasa _   Merupakan gaya yang dominan dalam sebuah novel.(Rustamaji dan Agus P.)
  • Amanat _


Unsur2 Ekstrinsik
  • Seluruh unsur yang meliputi latar belakang penciptaan, sejarah, biografi pengarang, seluruh unsur yang ada di luar tubuh karya sastra.
   (Rustamaji dan Agus Priantoro)
Nilai2 dalam Sastra
1.       Nilai moral  : yaitu gambaran nilai-nilai kehidupan melalui tokoh-tokohnya terutama nilai kemanusiaan, yang dibentuk oleh etika kolektif dan etika personal. Parameternya adalah norma-norma di masyarakat yang tidak tertulis, hukum-hukum agama melalui firman tuhan, hukum negara atau yuridis.
2.      Nilai Sosial: Adalah nilai-nilai yang timbul dalam sastra dilihat dari unsur sosialnya, keadaan ekonomi yang menggerakkan  elemen sosial/simbol sosial, ideologi tokoh-tokohnya, sejarah perkembangan manusia yg terlihat dan digambarkan dalam cerita.
3.       NIlai Budaya: Menurut Koentjaraningrat terdiri dari 3 unsur yaitu:
Wujud kebudayaan sbg suatu komplek dari ide-ide, gagasan, nilai, norma, dan peraturan.
Wujud kebudayaan sbg suatu komplek aktivitas, kelakuan berpola dari manusia dan masyarakat.
Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
4.      Nilai Psikologi: YAITU: Gejolak batin, mendengar,merasakan, melihat fenomena yang ditemukan di sekitar kehidupannya. Parameternya adalah: perkembangan jiwa tokoh, falsafah hidup tokohnya, ide-ide pengarang, obsesi pengarang, atau konflik yang dibangun oleh pengarang.
5.       N. Religius: Adalah nilai-nilai vertikal yaitu ada kaitan antara pencipta dengan nilai agama sebagai bahan baku spiritual.
6.      N. didaktis_ Yaitu nilai-nilai yang mengandung unsur kebaikan sebagai tuntunan(nilai putih) dan nilai-nilai keburukan (nilai hitam), nilai-nilai keteladanan

               




Tidak ada komentar:

Posting Komentar