Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian Poster


Pengertian Poster 

Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar yang berisi pesan – pesan atau informasi kesehatan yang biasanya di tempel di tembok – tembok, di tempat – tempat umum atau di kendaraan umum. Sifat sebuah poster adalah mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.
Tujuan poster adalah menginformasikan kepada pembaca tentang sebuah informasi yang dikemas dengan kata-kata lebih singkat, padat, jelas dan menarik. Manfaat poster adalah agar para pembaca lebih mengerti apa yang ingin di ungkapkan sang penulis poster dengan menggunakan kata-kata yang lebih singkat dan sederhana.
Poster adalah gambar pada selembar kertas berukuran besar yang digantung atau ditempel di dinding atau permukaan lain. Poster merupakan alat untuk mengiklannkan sesuatu, sebagai alat propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan. Selain itu, poster juga dipergunakan secara perorangan sebagai sarana dekorasi yang murah meriah terutama bagi anak muda.
Dari kedua definisi tersebut diatas, jelaslah bahwa poster adalah salah satu bagian seni grafis yang memiliki gaya, aliran, maupun trend tersendiri yang tidak lepas dari suatu zaman. Oleh karena itu poster dibuat untuk menyampaikan pesan atau informasi, maka poster akan menjadi elemen dalam Desain Komunikasi Visual.





Ciri-ciri sebuah poster:
1. Desain grafisnya memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
2. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
3. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
4. Bahasa singkat dan jelas.
5. Teks sebaiknya disertai gambar.
6. Dapat dibaca sambil lalu.
Syarat sebuah poster:
1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
2. Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi
3. Dikombinasikan juga dalam bentuk gambar
4. Menarik minat untuk dilihat
5. Bahan yang digunakan bagus, tidak mudak rusak, sobek.
6. Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:
1. gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3. tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4. poster dipasang di tempat yang strategis.



Prinsip Desain poster
1. Keseimbangan/ Balencing 
Keseimbangan merupakan prinsip dalam komposisi yangmenghindari kesan berat sebelah atas suatu bidang atau ruang yangdiisi dengan unsur-unsur rupa. Ada dua jenis keseimbangan tataletak desain yang bisa diterapkan: desain simetris/ formal dan tidaksimetris/ asimetris/ non-formal. Keseimbangan dalam bentuk dan ukuran Keseimbangan dalam warna Keseimbangan yang diperoleh karena tekstur  Dari kesemuanya itu yang paling terasa adalah keseimbanganyang terbentuk dari dari komposisi
 2. Alur Baca/ Movement 
Alur baca yang diatur secara sistematis oleh desainer untukmengarahkan “mata pembaca” dalam menelusuri informasi, dari satubagian ke bagian yang lain.
3. Penekanan/ Emphasis
Penekanan bisa dicapai dengan membuat judul atau illustrasi yang jauh lebih menonjol dari elemen desain lain berdasarkan urutanprioritas.Penekanan bisa dicapai dengan: Perbandingan ukuran Latar belakang yang kontras dengan tulisan atau gambar  Perbedaan warna yang mencolok Memanfaatkan bidang kosong Perbedaan jenis, ukuran, dan warna huruf 
4. Kesatuan/ Unity 
Beberapa bagian dalam poster harus digabung atau dipisahsedemikian rupa menjadi kelompok-kelompok informasi. Misalnyanama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan teksalamat.Kesatuan dapat dicapai dengan: Mendekatkan beberapa elemen desain Dibuat bertumpuk Memanfaatkan garuis untuk pemisahan informasi Dan perbedaan informasi Perbedaan warna latar belakang
5. Kesan/ Specific Appeal 
Poster dirancang untuk keperluan khusus berdasarkan suatu tema.Hal ini untuk memberikan “kesan” suatu sentuhan yang sesuaidengan produk, acara, atau layanan.Misalnya: Poster untuk parfum wanita sebaiknya terkesan feminin, lembut atau dekoratif. Poster untuk menjual truk, sebaiknya menggunakan warna-warnayang berat, huruf-huruf yang tebal dan masif.

Jenis-jenis Poster
Para pengamat seni grafis mengelompokkan jenis poster menjadi:
1. Poster Propaganda
2. Poster KampanyeSejak munculnya negara-negara demokrasi yang menyerahkankeputusan mengenai kepemimpinan kepada rakyat, poster dipergunakan sebagai alat untuk mencari simpati dari calonpemimpin pada pemilihan umum. Hingga kini, poster kampanyeselalu muncul pada setiap kesempatan saat dilakukan pemilihankepada kepala daerah maupun kepala negara.
3. Poster WantedPoster ini digunakan untuk memuat sayembara untuk menemukanpenjahat yang sedang dicari negara.
4. Poster CheesecakePoster ini merupakan jenis poster anak-anak muda. Poster inibiasanya berisikan gambar bintang-bintang rock dan pop, artis musik.
5. Poster FilmIndustri film sangat memanfaatkan poster untuk mempopulerkan film-filmnya. Hingga kini poster film dibuat menggunakan teknolog danprofesionalisme yang sangat tinggi karena dari situ dilibatkanlahkemampuan finansial yang sangat luas. Desainer-desainer terbaikdisewa untuk membuat karya-karya poster untuk mempromosikanfilm.
6. Poster Komik BukuPopularitas komik dunia mencapai puncaknya pada tahun 60-an. Halini memicu produksi massal dari poster-poster komik pada tahun 70-an ke atas.
7. Poster AffirmationTujuan pembuatan poster affirmation adalah untuk memotivasidengan kata-kata yang tertulis pada poster tersebut. Teks/ kata-katamotivasi yang tercantum biasanya tentang Leadership, Opportunitydan lain-lain.
8. Poster Riset dan Kegiatan IlmiahPoster ini merupakan jenis poster yang sering dipakai dikalanganakademis untuk mempromosikan kegiatan ilmiah yang hendakdilakukan.
9. Poster di dalam kelasPoster kelas mula-mula populer disekolah-sekolah di Amreika Utara.Ada berbagai jenis poster kelas yang biasa dibuat, yaitu poster untukmemotivasi murid agar bersikap baik, mengikuti desiplin sekolah,poster yang berisikan bahan pelajaran yang disusun debagaireferensi singkat, tabel perkalian, pengenalan bahasa asing, peta danlain-lain.
10. Poster Karya SeniPoster karya seni merupakan ekspresi dari desain grafis yang dibuatdengan tujuan “ seni untuk seni”. Hal itu biasanya merupakan ajangberkreasi bagi mahasiswa yang mempelajari bidang seni grafis.
11. Poster Pelayanan MasyarakatPelayanan masyarakat atau social compaign merupanan suatu jenisposter yang tidak bersifat komersial, atau tidakdiperdagangkan(seperti poster-poster Cheseecage, poster film,poster karya seni, dsb), karena poster semacam ini seringdilombakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan maupun LSM.
12. Poster KomersialIni adalah jenis poster paling banyak kita jumpai di mana saja.poster  jenis ini di desain dan diproduksi sebagai sarana untukmempromosikan suatu produk dan dirpoduksi dengan budget tertentusesuai anggaran sales promotion. Munculnya poster-poster iklanyang krestif mampu mencuri perhatian pembacanya.
           



Kriteria sebuah poster yang baik:
1. Tulisan didalam poster harus jelas dan terbaca
Tulisan dalam poster itu sangat berguna sekali, karena pokok utama penyampaian pesan atau informasi dari sebuah poster adalah dari tulisan dan gambar. Dengan tulisan yang jelas dan mudah terbaca maka pesan yang hendak kita sampaikan ke sasaran melalui poster tersebut akan tersampaikan dengan baik.
2. Kombinasi gambar dan tulisan tidak berlebihan
Kekuatan utama dari sebuah poster adalah kombinasi antara tulisan dan gambar. Kadang dalam membuat poster, kita sering terjebak dengan ide kreatif kita sendiri. Maksud hati ingin membuat gambar dan tulisan yang bagus dan cantik tetapi yang terjadi malah gambar dan tulisan itu menjadi berlebihan. Misalnya banyaknya kombinasi warna, perpaduan, proporsi, peletakan, dan kuantitas gambar dan tulisan menjadikan poster yang tidak jelas bahkan bisa membuat kesan tampilan yang ruwet dan semarawut.
3. Jangan Egois dan hanya mengikuti selera kita
Jika kita ingin membuat sebuah poster untuk umum, tempatkanlah ego dan selera kita sebaik mungkin, maksudnya adalah posisikan diri kita sebagai pembaca bukan pembuat. Dengan begitu jika posisi kita sebagai pembaca maka apa yang akan kita tuangkan secara tidak langsung akan mengikuti selera pembaca.
4. Kombinasi Warna Yang Tepat
Coba anda bayangkan apabila poster anda mempunyai background warna putih (kode warna FFFFFF) dengan gambar dan tulisan yang berwarna grey (kode warna F8F8F8), pasti hasilnya tidak Jelas. Lain halnya jika background gambar berwarna merah tua (kode warna 66000) dengan kombinasi gambar atau tulisan berwarna kuning menyala (kode warna FFFF00) pasti hasilnya lebih bagus dan menarik.



6 komentar:

  1. Artikel yg sangat bagus..! & mdh difahami. sangat membantu.. thnX!

    BalasHapus
  2. We help in setting up and Installing Microsoft Office on your computer. We provide Technical Support and other services to you. We help you with great work and other details. We are here to help you. We help you with Microsoft Office and Office installation. We help you with Great technical services at an affordable price.
    Visit Us@ office.com/setup

    BalasHapus
  3. Pretty great post. I just stumbled upon your weblog and wanted to mention that I’ve truly loved surfing around your blog posts.In any case I’ll be subscribing in your rss feed and I’m hoping you write again very soon!Feel free to visit my web-site
    www.office.com/setup

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou so much! I really apreciate it :)

      Hapus